Kamis, 01 April 2010

Cangkul raksasa meriahkan Silaturahmi Penggemar Vespa


Ribuan penggemar skuter, Minggu (28/3), tumplek blek di Stadion Trikoyo Klaten. Mereka tampak antusias bercengkrama dengan rekan sesama penyuka skuter yang berdatangan dari berbagai daerah. Tak jarang terdengar gelak tawa dari kumpulan anak muda yang duduk-duduk di sekeliling skuter yang diparkir memenuhi areal stadion itu.

Kemeriahan Silaturahmi Penggemar Vespa tersebut semakin bertambah dengan penganugerahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) untuk replika cangkul terbesar yang dipamerkan di pojok stadion. Tak tanggung-tanggung, replika cangkul itu berukuran 7×5 meter persegi dengan panjang gagang 20 meter dan beratnya mencapai 3 ton. Pembuatannya dilakukan delapan orang secara marathon selama 10 hari.

Pemrakarsa pembuatan replika cangkul raksasa, Y Joko Tirtono mengungkapkan, ide pembuatan replika cangkul raksasa itu terinspirasi dari status Klaten sebagai lumbung pangan di Jateng. “Tanah Klaten ini gemah ripah loh jinawi dan didominasi sektor pertanian. Tapi sejauh ini belum ada ikon yang menunjukkan tentang hal itu. Kami merasa pacul atau cangkul tepat untuk menjadi ikon sektor pertanian.”

Joko yang juga mantan Ketua Ikatan Vespa Indonesia (IVI) Jateng menambahkan, dibutuhkan dana Rp 14,5 juta untuk merealisasikan replika cangkul tersebut. Gagangnya menggunakan batang pohon kelapa atau glugu sedangkan lempengan cangkulnya dibikin dari kayu dan tripleks. “Bahannya menghabiskan 46 lembar tripleks, 34 kilogram paku dan tujuh batang glugu. Pembuatannya memakan 10 hari dan pemasangan 2 hari,” ungkapnya.

Bahan logam

Ke depan, pihaknya berharap Pemkab Klaten merealisasikan cangkul raksasa sungguhan dari bahan logam. Diungkapkan Joko, ajang itu sekaligus menjadi momentum konsolidasi bagi kepengurusan IVI Jateng baru dengan Ketua Suparman yang terbentuk berdasarkan hasil Musda. Menurutnya, komunitas vespa mania didorong untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan positif yang berguna bagi masyarakat luas.

Sementara, Manajer Muri, Sri Widayati yang hadir mewakili Ketua Muri Jaya Suprana mengatakan, replika cangkul itu dinobatkan sebagai replika cangkul nusantara terbesar dan terdaftar sebagai rekor Muri ke-4.213. “Rekor ini ditujukan kepada Bupati Klaten Sunarna, Ikatan Vespa Indonesia Jateng serta Paguyuban Skuter Klaten sebagai pemrakarsa pembuatan replika cangkul terbesar,” papar dia.

Pada acara tersebut, dipamerkan pula sejumlah skuter antik yang masih terawat. Ketua Umum IVI Pusat, A Rachman mengatakan, saat ini ada 286 klub skuter yang terwadahi dalam IVI. Klub-klub tersebut tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. - Oleh : Rohmah Ermawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar